Minggu, 26 Mei 2013

Pemuda Punya Peran Penting Sukseskan Pemilu 2014

detail berita
Pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam setiap perubahan yang mewarnai negeri ini. Dimulai pada tahun 1908 berdirinya Budi Utomo, hingga pada tahun 1998 lewat gerakan mahasiswa, di mana golongan pemuda kembali mempersembahkan perubahan negeri ini lewat gerakan reformasi.

"Namun bergulirnya waktu partisipasi politik pemuda perlu ditingkatkan kembali. Keberadaan partai politik lebih memberikan kesempatan bagi para pemuda untuk masuk ke gelanggang kepemimpinan nasional, dan hal tersebut seyogyanya harus dipandang sebagai sebuah peluang bagi pemuda," kata Ketua Analis senior dari lembaga kajian strategi nasional (LKSN) Irwan Suhanto dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (20/3/2013).

Partisipasi politik pemuda sangat diperlukan agar kemunculan pemuda, dalam keterlibatan politik tidak hanya dengan bermodalkan pembaharuan secara fisik ataupun umur. Namun pandangan segar kaum muda yang terefleksikan oleh visi dan misi kepemimpinannya, juga harus menunjukkan semangat perubahan.

"Dengan mengoptimalkan kemunculan kaum muda dalam politik, serta dibarengi oleh sebuah semangat perubahan yang diusung, efektifitas sistem multi partai yang merupakan realitas di Indonesia akan secara utuh terwujud," ungkapnya.

Irwan mengatakan, fenomena tersebut secara umum telah menunjukkan bagaimana peran pemuda sebagai salah satu faktor, yang cukup berpengaruh dalam kehidupan politik di Indonesia.

"Langkah pemudaan partisipasi politik oleh pemuda di Indonesia merupakan sebuah urgensi yang harus benar-benar terealisasi," tegasnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar